Mungkin teman2 yang mau belajar bagaimana cara menggunakan aplikasi PageMaker, disinilah tempatnya. disini saya akan menuliskan bagaimana cara menggunakannya. tapi sebelum saya melanjutkan ketahap berikutnya ada baiknya jika saya menerangkan sedikit apa itu Program PageMaker dan dasar-dasarnya. PageMaker adalah Perangkat lunak aplikasi yang mengolah data untuk kebutuhan pembuatan desain layout buku, cover untuk majalah, koran, dll. Biasanya dipakai oleh jenis usaha setting komputer untuk keperluan pembuatan kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan, kop surat, dan lain sebagainya. OK !                            read this article…

1. AREA KERJA
Ketika Anda membuat sebuah publikasi, PageMaker membuka jendela publikasi yang terdiri atas halaman kosong yang terletak pada pusat pasteboard. Halaman dan pasteboard, merupakan tempat Anda mengolah teks dan grafik. Beberapa istilah yang digunakan pada area kerja PageMaker adalah sebagai berikut :
A. Toolbox, berisi alat untuk membuat dan mengedit objek.
B. Margin guide, berbentuk titik-titik atau garis berwarna pink, merupakan batas teks dengan area kertas kerja yang digunakan.
C. Ikon halaman, menunjukkan master page (L untuk kiri, dan R untuk kanan) dan halaman biasa pada publikasi.
D. Ruler, untuk membantu Anda meluruskan objek pada halaman.
E. Palet Colors and Styles, yang digunakan untuk menambah, menghapus, maupun mengubah warna dan style.
F. Pasteboard, untuk meletakkan item-item yang akan digunakan.
G. Palet Control, yang menyediakan perintah-perintah untuk membuat perubahan yang presisi pada teks dan grafik.

2. MENGGUNAKAN TOOLBOX
Ikon pada toolbox menggambarkan tool yang dapat digunakan dalam PageMaker. Anda dapat menggunakan sebuah tool dengan meng-klik ikon tertentu pada toolbox. Toolbox terkadang dapat menghalangi pandangan pada area kerja. Oleh karena itu, toolbox
dapat dipindahkan dengan mengklik kotak biru yang terdapat diatasnya dan kemudian digeser sesuai keinginan Anda. Anda juga dapat menyembunyikan toolbox dengan memilih Window > Hide Tools .
Berikut ini tool yang tersedia pada toolbox beserta deskripsi singkat kegunaannya :
A. Pointer tool, untuk memindahkan teks dan grafik.
B. Rotating tool, untuk memutar objek yang dipilih.
C. Line tool, untuk membuat garis secara lurus.
D. Rectangle tool, untuk membuat grafik berbentuk persegi panjang atau bujur sangkar.
E. Ellipse tool, untuk membuat grafik berbentuk lingkaran atau oval.
F. Polygon tool, untuk membuat grafik berbentuk segi banyak.
G. Hand tool, untuk menggulung halaman.
H. Text tool, untuk membuat, memilih, dan mengedit teks.
I. Cropping tool, untuk memotong image hasil impor.
J. Constained Line tool, untuk membuat garis lurus secara mendatar maupun tegak lurus.
K. Frame tool, untuk membuat placeholders.
L. Zoom tool, untuk memperbesar atau memperkecil tampilan halaman.

3. MEMBUAT PUBLIKASI BARU
Hal pertama yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan PageMaker adalah membuat publikasi baru. Cara membuat publikasi baru adalah sebagai berikut :
a. Jalankan program PageMaker, lalu pilih File > New.
b. Tentukan spesifikasi publikasi Anda pada kotak dialog Document Setup. Anda dapat memilih ukuran standar halaman pada menu Page  size (misalnya A4). Saat Anda memilih ukuran halaman, maka pada kotak Dimension akan muncul nilai dari halaman tersebut. Selain memilih ukuran standar, Anda juga dapat menentukan ukuran halaman sendiri sesuai keinginan Anda dengan memilih Custom dalam menu Page  size. Untuk orientasi, pilihlah Tall untuk portrait atau Wide untuk halaman landscape. Tentukan margin atas (Top), bawah (bottom), kiri (inside), dan kanan (outside). Apabila Anda ingin mencetak halaman bolak-balik, pilih double-sided pada pilihan option. Jika Anda ingin tampilan halaman kiri dan kanan terlihat pada window, pilihlah facing pages. Kemudian pilih jenis printer yang sesuai.
c. Tentukan jumlah halaman yang Anda perlukan.
d. Setelah selesai klik Ok.